Page tree

You are viewing an old version of this page. View the current version.

Compare with Current View Page History

« Previous Version 4 Current »

Bagikan:  


Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok pemimpin Internal Audit di edisi Meet Our SMT kali ini!

Di balik sosoknya yang serius, siapa sangka Aditya Kesuma, Chief of Internal Audit kita, ternyata punya bakat musik terpendam dan bercita-cita memiliki grup band sendiri? Yuk kenalan lebih dekat dengan sosok pemimpin Internal Audit di edisi Meet Our SMT kali ini!

Bagaimana Anda memulai karir Anda?

Saya lulusan Akuntansi yang sedikit berbeda dengan yang lain, karena saya tidak begitu menyukai angka. Saya lebih tertarik untuk berinteraksi dengan manusia. Maka itu saya memilih jalur karir di bidang Internal Audit, dan bukan External Audit yang lebih banyak berhubungan dengan angka.

Sebelumnya saya bekerja di Deloitte sebagai Risk Consultant. Setelah dua tahun, saya pindah ke Ernst & Young (EY) dan menjalani peran yang sama sebagai Manager Risk Advisory Services. Saya menghabiskan waktu hingga 4 tahun di EY sebelum akhirnya memutuskan keluar dari zona nyaman dan bergabung ke General Motors sebagai Internal Control Division Head.

Selama berkarya, pengalaman saya berada di seputar Internal Audit, Internal Control, Manajemen Risiko, dan Process Improvement.

Bagaimana pendapat Anda tentang 4 nilai perusahaan kita? Nilai mana yang paling Anda sukai?

Semua nilai perusahaan kita merupakan hal penting yang harus dimiliki seluruh karyawan, namun bagi saya nilai yang paling merepresentasikan saya adalah Be Entrepreneurial. Menurut saya, saat kita menganggap sebuah pekerjaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap perusahaan kita sendiri, maka kesadaran untuk melakukan yang terbaik pun akan lebih tinggi.

Nilai ini juga senantiasa membuat saya fokus terhadap hasil dan berkontribusi aktif dengan memberikan ide-ide inovatif untuk kemajuan bisnis. Secara tidak langsung, sebenarnya keempat nilai ini saling bertautan satu dengan lainnya.

Apa Hobi Anda?

  1. Sepakbola
    Biasanya saat bermain bola saya jadi gelandang bertahan, karena skill saya tidak begitu bagus tapi saya punya energi dan semangat yang besar untuk bermain sebagai gelandang bertahan atau penyerang. Saya adalah suporter besar tim Manchester United.
  2. Bermain dan menikmati musik
    Saya senang bermain gitar. Radiohead adalah salah satu band yang saya gemari. Bagi saya, tidak hanya kemampuan bermusik mereka yang handal, tapi lirik-lirik lagu mereka pun sangat mengena. Sebelumnya, saya cukup sering mengaransemen lagu. Di tahun 2012, ada 6 lagu yang berhasil saya buat untuk konsumsi pribadi. Lirik yang saya tulis biasanya terinspirasi dari cerita-cerita teman atau puisi yang mereka buat. Saya masih bermimpi untuk bisa membuat band suatu saat nanti.
  3. Nonton film
    Saya sangat suka film drama kehidupan. Tidak jarang saya terbawa saat menonton tentang perjuangan hidup. Film thriller dan film-film dengan latar perang dunia abad pertengahan juga menarik buat saya.
  4. Dan yang membuat hidup saya bahagia juga karena saya suka tidur, hahaha...

Makanan favorit Anda?

Sebagai orang yang lahir dan besar di Palembang, saya sangat suka pempek atau makanan apapun yang pedas!

Apa pencapaian terbesar dalam hidup Anda?

Ini mungkin bukan pencapaian yang besar bagi kebanyakan orang, tapi selama saya bisa menjadi diri yang lebih baik dari hari kemarin, itu sudah merupakan pencapaian tersendiri. Pencapaian besar hanyalah perihal waktu, dan satu pencapaian akan tertutupi pencapaian lainnya seiring berjalannya waktu.

Hal utama bagi saya adalah saat saya bisa memberikan dukungan moral, materi, perhatian, waktu, dan ilmu untuk orang-orang di sekitar saya.

Pertanyaan terakhir: Apa filosofi hidup Anda?

Ada tiga filosofi hidup saya:

  1. Hargailah sesuatu dari usaha untuk mendapatkannya, bukan dari nilai yang didapatkannya
  2. Apa yang kita dapat adalah buah kerja keras dan konsistensi dari usaha yang kita lakukan
  3. Percayalah dengan kekuatan doa