Page tree

Bagikan:  


Ikuti tips-tips dari talkshow #AyoMajuBersama tentang cara memiliki mental baja!

Sudah mulai bosan, stress dan kehilangan semangat setelah berbulan-bulan kebanyakan di rumah aja? Wajar kalau kamu merasakan hal itu semua. Biasanya kita bisa melakukan aktivitas dengan bebas, ketemu teman-teman, nongkrong berjam-jam. Sekarang sudah sulit dilakukan karena sudah serba terbatas.

Bukan hanya merasa serba terbatas, bahkan mungkin di masa pandemi saat ini enggak sedikit dari kita semua yang merasa bahwa ini adalah titik terendah dalam hidup. Semua perasaan sedih, bingung, dan kecewa semua campur aduk karena kamu berpikir bahwa pandemi ini menghalangi semua rencana kamu.

Perasaan itu semua  memang wajar, tapi jangan sampai kamu berlarut-larut. Yang harus kamu lakukan adalah belajar untuk move on, karena pandemi ini nggak kamu rasakan sendirian. Semua orang yang ada dunia ini juga sedang bersama-sama berjuang untuk terus menjalani hidup dan meraih mimpi mereka. 

Agar kamu  tetep semangat saat kamu kehilangan motivasi, yuk belajar dari Laura Aurelia Dinda, atlet Para Swimming Nasional.  Laura yang sejak kecil menjadi difabel nggak putus semangat pada dirinya. Dia tetap berusaha mengejar mimpinya untuk terus berprestasi di dunia renang, dan impiannya pun kini menjadi kenyataan.

Melalui Fun Talk #AyoMajuBersama yang digelar pada 5 Agustus 2020, Laura memberikan beberapa tips yang bisa dipakai agar lebih termotivasi menjalani hidup dan memiliki mental tahan banting. Yuk baca tips berikut!

Menerima Keadaan

Menyadari kalau hidup saat ini tidak sama lagi dengan sebelumnya alias berubah 180 derajat memang nggak mudah. Banyak hal yang membuat nggak nyaman, sedih, dan kecewa, Perasaan itu nggak usah ditutupi, tapi kamu jangan terlama-lama punya pikiran dan perasaan seperti itu. Kamu harus segera move on dengan mulai menerima keadaan yang baru.

Yang diingat adalah kita nggak sendirian merasakan ini semua. Banyak orang di luar sana yang juga sedang berjuang untuk terus bisa melanjutkan hidup. Masalah kita mungkin memang berat, tapi banyak juga orang yang memiliki masalah sama atau bahkan lebih berat. Belajar menerima adalah hal pertama yang dilakukan agar lebih termotivasi dalam menjalani hari.

Jangan abaikan support dari orang-orang terdekat

Ketika sedang berada di titik terendah dan merasa sebagai orang paling tidak beruntung di dunia, biasanya akan muncul pikiran bahwa nggak ada seorang pun di dunia ini yang peduli sama kamu. Kamu merasa sendirian karena menurutmu orang lain nggak bisa merasakan apa yang kamu rasakan saat ini. Tapi, coba lihat orang-orang di sekelilingmu, apa benar nggak ada satupun orang yang peduli?  Pasti ada dong!

Hal itu juga yang dirasakan awal-awal oleh Laura saat dia belum bisa menerima keadaannya yang baru.

Untuk kamu yang saat ini masih masih merasa nggak punya siapa-siapa, coba sekali lagi rasakan support orang-orang terdekatmu. Jangan malu untuk terlihat lemah di hadapan mereka, karena mereka yang akan selalu ada di sampingmu dalam kondisi apapun dan memberi semangat ke kamu agar bisa bangkit kembali.

Stay Positive

Apalagi yang harus dilakukan agar kita bisa lebih termotivasi dalam menjalani hidup dan meraih mimpi? Jawabannya adalah keep thinking positive. Buat kamu yang sedang kehilangan motivasi, jangan lama-lama mengeluh dengan keadaan. Tetap berpikir positif dan kreatif serta meyakinkan diri bahwa kamu masih bisa melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya. Segera move on untuk bisa menggapai semua mimpi-mimpimu!

Daripada mengeluh terus-terusan, lebih baik tetap berpikiran positif dan improve apapun yang bisa dilakukan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, mengeluh nggak apa-apa dikeluarkan, tapi cukup sekali dua kali saja. Selanjutnya harus berusaha untuk lebih baik.

Self-Love

Pernah dengar konsep tentang self-love alias mencintai diri sendiri? Self-love disebut bisa membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Ada banyak manfaat sehat yang bisa didapat dari mencintai diri sendiri. Saat kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, kamu akan lebih mudah menjalani hidup. Cobalah untuk menggali sisi positif yang kamu miliki. Ketika kamu sudah mencintai diri sendiri, kamu nggak akan ambil hati orang-orang yang berbicara negatif tentang kamu. Semua kritik yang kamu dengar bisa dijadikan masukan agar kamu bisa lebih baik ke depannya.

Self-Love juga menjadi mantra agar nggak terbawa aura negatif. Selama kamu sudah bisa menerima dan mencintai dirimu sendiri, kamu pasti bisa melewati semuanya.

Sudah terpikir apa yang mau kamu lakukan saat ini? Ayo kita mulai menerima keadaan dengan segala pikiran yang positif agar perasaan lebih ringan. #AyoMajuBersama untuk bisa meraih mimpi dan cita-cita kamu!

Mau dengar tips-tips menarik berikutnya? Yuk nonton Fun Talk #AyoMajuBersama yang digelar di Instagram Live Home Credit setiap hari Rabu!