Page tree

You are viewing an old version of this page. View the current version.

Compare with Current View Page History

Version 1 Next »

Bagikan:  


Ikuti tips-tips dari talkshow #AyoMajuBersama agar bisa menghadapi yang nggak pasti!

Nggak kerasa udah berbulan-bulan pandemi ini berjalan. Banyak hal yang sekarang berubah, dan pelan-pelan kita mulai terbiasa. Tapi, dengan masih adanya pandemi ini bisa muncul juga hal-hal yang nggak dikira yang bikin kita merasa nggak pasti. Jadinya harus beradaptasi lagi, atau mulai lagi dari nol. Kalau sudah begitu, pasti bingung.

Jangan khawatir, teman-teman. Momen nggak pasti itu bisa terjadi kapan saja, tapi bukan berarti kamu nggak bisa melakukan apa-apa. Saat itu terjadi, wajar untuk merasa bingung. Tapi yang harus kamu lakukan berikutnya adalah membuat momen nggak pasti itu menjadi momen yang penuh arti.

Bagaimana caranya kamu bisa hadapi momen yang nggak pasti? Yuk belajar lagi dari Laura Aurelia Dinda, atlet Para Swimming Nasional. Atlet yang bermimpi jadi psikolog ini juga mengalami banyak perubahan sejak pandemi, mulai dari latihan renang yang terhenti hingga makin padatnya kegiatan kuliah. Bersamanya di Fun Talk #AyoMajuBersama hari Rabu, 12 Agustus, Laura berbagi tiga tips yang bisa kamu ikuti untuk tetap semangat hadapi segala kondisi. Ayo kita simak tipsnya berikut!

Tentukan prioritasmu

Biarpun kondisi sedang nggak pasti, bukan berarti kamu kehilangan tujuan. Coba pikirkan kembali apa tujuan jangka panjang atau long-term goals yang mau kamu capai. Pasti kamu sudah pikirkan dari awal. Ini akan jadi panduanmu untuk menentukan prioritasmu ke depan.

Lihat contohnya Laura. Dia punya impian jadi psikolog dan biarpun di kondisi yang nggak menentu begini, dia tetap terdorong untuk terus maju. Bahkan sebelum pandemi, Laura memutuskan untuk nggak tanda tangan kontrak dengan Pelatnas karena dia mau fokus dulu ke mata kuliah dia di psikologi.

Jadi, jangan biarkan kondisi yang nggak pasti ini menghalangi kamu untuk mencapai mimpi. Tentukan long-term goals kamu yang jelas. Mau itu punya bisnis sendiri, mau punya rumah sebelum usia 30, mau jadi content creator, atau apapun itu, yang penting kamu yakin bisa.

Be kind to yourself

Gara-gara pandemi, kamu punya target yang nggak bisa kesampaian. Pasti ini bikin kamu stress, dong? Dan kamu nggak yakin gimana menghadapinya. Bukan salahmu, dan kamu bukan satu-satunya yang mengalami ini. Waktunya kamu berbaik hati ke diri sendiri.

Take a break. Kamu bisa tetap produktif dengan cara-cara kecil agar tetap semangat. Mungkin dengan banyak ngobrol sama keluarga, belanja kebutuhan rumah secara online, atau beres-beres di rumah lebih sering. Kamu akan sadar kalau hal-hal yang dulu dianggap remeh sekarang meaningful, lho. Baik itu untuk dirimu sendiri atau orang-orang di sekitarmu.

Nggak usah bebani diri kamu. Dalam situasi nggak pasti begini, lakukan aja apapun yang kamu bisa dan bangga dengan itu. At the end of the day, just celebrate the little wins that we do.

Be kind to others

Setelah berbaik hati ke diri sendiri, jangan lupa berbaik hati ke orang lain. Dengarkan sudut pandang orang, dan lihat standar diri masing-masing. Mungkin kamu punya standar lebih tinggi, atau kamu sendiri belum sesuai dengan standar orang lain? Nggak apa-apa, asal kamu gak samain standar dirimu aja dengan mereka. Kenapa? Karena kamu nggak bisa kontrol apa yang mereka lakukan atau pahami.

Bayangin juga kalau kamu di posisi orang lain. Ingat, kita semua lagi menghadapi masalah yang sama, pandemi ini. Tapi, cara kita bereaksi itu berbeda. Yuk, waktunya saling mendengarkan. Paling minim, jangan terburu-buru judgmental (menghakimi). Dengan memahami orang lain, kamu  bisa mengurangi stress yang nggak diinginkan dan juga menghindari potensi konflik. Siapa tahu, hal yang muncul malah lebih positif dan kamu bisa menemukan banyak kesamaan dengan orang lain.

Nah, bagaimana teman-teman? Sudah kebayang kan apa yang bisa dilakukan saat kamu menghadapi momen-momen yang nggak pasti? Yuk mulai tanamkan tips-tips ini agar pikiranmu lebih tenang! #AyoMajuBersama untuk bisa meraih mimpi dan cita-cita kamu!