Page tree

Bagikan:  


Cari tahu cara agar bisnis kamu bertahan lewat sesi Fun Talk!

Buat kamu yang menggeluti dunia usaha pasti merasa kalau bisnis kamu lagi kurang lancar gara-gara pandemi. Bisa jadi orderan kurang, atau produksi stok jualan jadi terhambat. Apalagi kalau baru mau terjun jadi entrepreneur, kamu jadi harus memutar otak untuk mencari ide bisnis yang masih laku buat masyarakat.

Mau bisnis kamu tetap berjalan lancar biarpun saat pandemi? Baca saja tips-tips dari Ananda Omesh, aktor, entrepreneur, dan presenter favorit kita semua. Di Fun Talk #AyoMajuBersama di hari Rabu, 9 September, Omesh membuka rahasia-rahasia jitu dia agar kamu bisa jalankan bisnis biarpun saat krisis. Apa saja tuh? Ayo kita simak!

Usaha jangan hanya modal passion

Saat mau mulai usaha, wajar bahwa kita harus niat dulu. Betul, tanpa passion, kita nggak akan semangat untuk jalankan usaha. Tapi jangan terjebak di situ saja. Omesh sudah lama menggeluti dunia bisnis dengan brand dia Tigrehood yang dimulai karena passion dia di motor. Tapi, dia menyadari kalau passion harus dibarengi dengan ilmu yang kuat. Kamu harus bisa mengerti ilmu management, mengerti pasar, mengerti kualitas barang, punya perhitungan, dan sebagainya. Dan jangan pernah mau berhenti belajar. Bisa saja saat pandemi begini kamu mengikuti webinar bisnis, dengar podcast, atau sering-sering bertanya ke orang-orang yang lebih berpengalaman. Intinya, selalu kuatkan ilmu wirausaha kamu.

Miliki mindset orang sukses

Kalau mau bisnis kamu sukses, mindset kamu harus jadi orang sukses. Dan bukan cuma di pikiran, di tindakan juga harus. Biarpun perusahaan kamu kecil atau sedang berkembang, kamu harus bersikap seperti kamu memiliki perusahaan besar. Bisa saja dengan bikin rencana bisnis tahunan, quality control yang rutin, atau bahkan membuat skema gaji yang lebih sistematis. Kalau modalnya mencukupi, gunakan jasa HRD dan auditor setiap bulan. Dengan proses bisnis yang rapi dan sistematis, kamu pasti akan lebih semangat untuk mengembangkan bisnis kamu agar lebih pesat.

Maksimalkan media sosial untuk berbisnis

Kita semua tahu sekarang apa-apa sudah digital. Dan kalau ditanya bisnis dengan modal kecil seperti apa? Modal yang paling gampang itu mengerti platform untuk jualan. Kalau sekarang, yang paling gampang adalah Instagram. Dengan cukup membikin akun, kamu sudah bisa menjual produk-produk kamu ke masyarakat. Tapi, biar orang-orang lihat bagaimana? Ini rahasianya, tingkatkan influence kamu di Instagram.

Ibarat kamu datang ke pesta pakai baju keren, tapi kalau ke sana cuma diam saja di pinggiran nggak akan menghasilkan apa-apa. Begitu pun di Instagram. Coba sering-sering komen di lapak orang, nge-like postingan orang, dan reply komen orang. Dijamin, influence akun kamu akan meningkat, dan orang-orang akan berbondong datang untuk pengen tahu bisnis kamu.

Berbisnis dengan insting

Dalam berbisnis, hal terkuat yang harus dipelajari entrepreneur itu adalah insting, baik dari pembuatan konsep dan eksekusi. Misalnya, bisnis fashion selalu laku, tapi di masa pandemi nggak ada yang kepikiran buat banyak bergaya dulu karena banyakan di rumah. Tapi, ada orang-orang yang punya insting untuk mulai bikin aksesoris yang cocok saat pandemi seperti desain masker. Dan hasilnya? Banyak orang yang mau beli karena selain praktis, tapi stylish juga. Hebat banget, kan?

Itulah insting. Saat mulai membuat bisnis, kamu harus lihat suasana pasar, bikin konsep yang bagus, lalu kamu eksekusi. Setelah kamu udah lihat bisnisnya berjalan, harus berinovasi lagi. Asah insting kamu, terus pelajari lagi apa ide-ide baru yang bisa dikembangin dalam usahamu.

Nah, sehabis baca rahasia-rahasia ini, jadi makin semangat berbisnis kan? Harus, dong! Waktunya buatmu untuk mengejar kesuksesan dan jangan putus asa. #AyoMajuBersama agar kamu bisa meraih mimpi dan cita-cita kamu!