Page tree

You are viewing an old version of this page. View the current version.

Compare with Current View Page History

Version 1 Next »

Bagikan:  


Ikutin tips-tips Fun Talk kita untuk mengatur keuanganmu dengan baik!

Nggak bisa dipungkiri bahwa sejak pandemi ini, banyak dari kita yang bingung bagaimana caranya mengatur keuangan biar tetap bisa mewujudkan keinginan pribadi kita dan keluarga. Beberapa di antara kita mungkin masih cukup beruntung bisa terus bekerja dengan pendapatan penuh. Tapi banyak juga teman-teman kita di luar sana yang mungkin nggak seberuntung itu.

Kita jangan diam saja dan patah semangat menghadapi masa-masa yang enggak pasti ini. Kondisi seperti ini justru mengajarkan kita pentingnya untuk melihat kembali mana yang penting dan nggak, mengerem pengeluaran yang nggak perlu, dan mengatur pundi-pundi agar bisa terus mewujudkan mimpi. Percaya saja, kita tetap bisa mencapai tujuan kita. Apapun kendalanya bisa dilalui asal kita smart mengatur amunisi apa yang kita punya dan melihat peluang jalan yang ada.

Di tanggal 2 September, 2020, kita sempat ngobrol dengan Dipa Andika, Financial Planner dan co-founder Hahaha Corp. di acara Fun Talk #AyoMajuBersama untuk share tips tentang caranya mengatur keuangan keluarga di saat-saat nggak menentu. Yuk baca tipsnya!

Catat Pengeluaran

Ternyata banyak orang-orang yang pengeluarannya membengkak setelah pandemi ini gara-gara biaya listrik naik, belanja online, delivery makanan, atau beli dekorasi rumah biar makin betah. Coba mulai dengan tunda pengeluaran yang nggak perlu, tapi jangan tunda pencatatan semua pengeluaranmu. Jangan juga bawa buku kas kemana-mana, catat pengeluaranmu di handphone aja. Yang penting cepat dicatat dan jangan ada yang kelewat.

Dan ingat, tetap atur pengeluaranmu dengan baik. “Jangan gampang tergoda diskon kecuali berhubungan dengan kebutuhan yang sudah kita rencanakan”, kata Dipa. Jadi tanya diri kamu. Beli baju kondangan dan sepatu baru yang belum tau dipakainya kapan, perlu atau enggak?

Jangan Lupa Dana Darurat

Sudah nyiapin dana darurat belum? Jumlah yang disarankan tergantung dari status kamu dan juga berapa pengeluaran kamu. Buat kamu yang belum berkeluarga, coba kamu siapkan minimal 6 kali dari pengeluaran kamu. Jadi kalau ada hal-hal yang nggak diduga, kamu masih bisa hidup dengan tenang setidaknya 6 bulan ke depan. Kalau kamu sudah berkeluarga, siapkan minimal 9 hingga 12 kali dari pengeluaran, tergantung dari berapa besar keluargamu.

“Dana darurat ini lebih penting disiapkan sebelum investasi. Karena sebelum terjadi sesuatu, kita udah ada back-up. Ibarat mobil harus ada ban serep dulu sebelum beli yang lain.”, jelas Dipa.

Siapkan untuk Masa Depan

Kita pasti punya tujuan yang mau kita capai, mulai dari kuliah lagi, beli rumah sendiri, memulai bisnis, memberangkatkan keluarga wisata, menyekolahkan anak, dan masih banyak lagi. Tentunya mencapai tujuan ini butuh perencanaan yang mantap dan keuangan yang solid juga. Jangan menunda mimpi karena pandemi. Yuk mulai dari buat rencana yang detil dan disiplin berinvestasi sesuai kemampuan kamu. Terus pantau kondisi dan mulai investasi sedikit-sedikit dulu. Jangan lupa juga siapin asuransi kesehatan untuk keluarga, biar kamu sekeluarga selalu aman dan terlindungi.

Itu dia keempat tips dari Dipa Andika. Enggak ribet kan? Kuncinya ada di disiplin ke diri sendiri buat bisa terus bertahan di masa-masa yang enggak pasti, sambil terus semangat mempersiapkan diri untuk hidup selepas pandemi. Jangan menyerah pada keadaan, karena di mana ada kemauan pasti ada jalan!