Page tree

You are viewing an old version of this page. View the current version.

Compare with Current View Page History

Version 1 Next »

Bagikan:  


Yuk kita cari tahu bagaimana caranya untuk bisa memimpin diri sendiri dan orang lain dengan baik!  

Topik tentang kepemimpinan selalu menjadi bahan pembelajaran yang penting bagi setiap orang, baik itu ketika kita berperan sebagai People Manager atau Individual Contributor. Apa pun perannya, setiap tahap pembelajaran perlu dimulai dari diri kita sendiri dan akan serta merta mempengaruhi orang-orang sekitar kita. Apa tujuan kita, kemana arah kita, apa dan bagaimana cara kita menyampaikan tujuan tersebut?

Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin tidaklah mudah untuk ditemukan jika kita tidak berhenti sejenak dari padatnya aktivitas kita untuk merefleksikan apa arti dari kepemimpinan. Kita perlu meluangkan waktu untuk mengembangkan diri agar dapat memperbaiki cara kita menjalankan peran di kehidupan sehari-hari.

Untuk menggali lebih dalam bagaimana proses pengembangan diri dapat dilakukan demi menjadi seorang pemimpin yang baik, tim HR mengadakan program First Odyssey. Ini adalah program kepemimpinan yang dijalankan melalui sesi MS Teams dimana akan ada 4 kelompok berbeda mulai  dari individual contributor hingga people manager yang berkumpul untuk mengembangkan diri mereka terlebih dahulu sebelum dapat mengembangkan orang lain.

Di First Odyssey, peserta belajar tentang memimpin dirinya dan orang lain, menggunakan framework dari “The 7 Habits of Highly Effective People” dari Stephen R. Covey dan “Leading with ‘SERVE’ Model” dari Ken Blanchard dan Mark E. Miller. Topik tambahan yang perlu mereka gali adalah “empati” karena ini adalah salah satu nilai kepemimpinan yang sangat penting.

Di kelompok pertama tahun ini, beberapa fasilitator yaitu Andy Yonatan (Head of Controller), Arif Nurhidayat (CRM Modelling Lead), Bhara Yudhiantara (Smart Data Analytics Lead), Blasius Lica (Head of IT Demand Management & Hosel), dan Mayang Mustakim (Lead Learning Academy) memandu peserta untuk dapat menguasai dasar-dasar kepemimpinan melalui berbagai sesi diskusi interaktif di program ini.

Dalam kurun waktu sebulan, dari Maret ke April 2021, peserta menjalani 3 modul tentang pengembangan diri dan kepemimpinan. Mereka diajarkan topik mengenai bagaimana mendelegasikan sebuah pekerjaan, apresiasi untuk rekan kerja, menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, dll. Untuk menambah keseruan program, peserta juga diajak untuk ikutan kuis interaktif terkait kepemimpinan.

Secara keseluruhan, sesi pertama First Odyssey ini berlangsung dengan sukses. Terima kasih untuk seluruh fasilitator dan peserta yang telah menjadikan perjalanan kepemimpinan ini lebih kaya wawasan.

Nantikan pembukaan sesi kedua kami di semester kedua tahun ini!