Baca tentang pencapaian kita di sini!

Kabar gembira! Kita berhasil meraih CMO Award kategori Best Digital Campaign untuk campaign #JadiBerarti! Buat tahu ceritanya kita bincang-bincang langsung sama  Freya Pradieta (VP Brand Strategy & Communications) dan Vivek Elankannan (Head of Digital Marketing).

Boleh cerita sedikit tentang #JadiBerarti?

Freya: #JadiBerarti adalah ide untuk menyebarkan makna kebaikan di bulan Ramadan. Kali ini kita membuat video tentang kisah mudik seorang perempuan dengan pengalaman kebaikannya di bulan Ramadan. Pesannya lebih pada kebaikan dan makna dari hal-hal kecil bersama orang-orang tercinta.

Vivek: Kita mengeksplor beberapa cara untuk bawa konten ini di media Digital. Akhirnya, kita decide buat mengadakan kontes di channel media sosial kita. Kami mau orang-orang untuk membagikan momen spesial mereka seperti halnya kisah Ramadan yang kita buat. Awalnya,  ekspektasi kita cuma 300-500 entries, tapi akhirnya kita bisa capai 4,000 entries. Video kita bahkan capai beberapa juta views, dan banyak orang yang memberi komentar positif channel di Youtube kita.

Kok campaign ini bisa dapetin banyak banget perhatian?

Freya: Pesan #JadiBerarti itu relatable dan emosional karena membuat hidupmu dan orang lain jadi lebih berarti lewat tindakan-tindakan sederhana; ini adalah emosi yang kami highlight di campaign kali ini. Kita senang orang-orang memahami dan menyukai pesan kami.

Vivek: Secara emosional konten ini begitu melakat dengan orang-orang. Saya bisa melihat kesuksesan ini dari 2 hal. Pertama, orang-orang melihat dan membagikan pesan ini berulang kali. Kami membuat microsite dan 300 ribu orang mengunjunginya. Ada 15 ribu kali videonya ditonton di microsite. Kami juga nggak pake insentif khusus kepada orang yang melihat konten ini di website.

Kedua, langsung aja baca komentar videonya di Youtube. 90% komentarnya positif. Orang-orang sampai membuat postingan campaign #JadiBerarti di media sosial mereka secara sukarela.

Apa harapan kedepannya untuk campaign serupa, nih?

Vivek: Pastinya kami akan fokus ke budaya orang Indonesia di ruang lingkup digital. Kami harus lebih melibatkan mereka dengan brand kita, kalau nggak mereka akan cepat lupa dengan kita. Kalau kita nggak melibatkan pelanggan selama paling sedikit 3 minggu saja, mereka bisa-bisa pindah ke brand lain. Duh.. jangan sampai itu terjadi.

Formula untuk rencana berikutnya tergantung di tahun depan. Berikutnya bisa lebih asyik, mungkin berhubungan dengan gamification. Bisa jadi cara baik untuk melibatkan pelanggan di Indonesia.

Tapi, intinya campaign kita harus lebih mendekati tren. Kami belum bisa memberi tahu rencana campaign berikutnya sebetulnya apa, tapi kami akan lanjutkan kesuksesan ini. Dari pengalaman #JadiBerarti, kami sudah menggunakan budget kami dengan tepat.

Bagaimana rasanya menang penghargaan ini?

Vivek: Saya dan Freya senang bisa masuk nominasi. Kami nggak nyangka bisa menang. Tapi, saya tetap percaya diri dengan campaign ini. Kami memberikan semuanya, dan semuanya dari yang mengerjakan sampai pelanggan juga senang.

Freya: Ada cerita lucu, kami sebenarnya gugup akan menang atau nggak. Saat kami sampai bandara, kami ketemu Jarda (Jaroslav Gaisler, CEO kita). Dia menanyakan ekspektasi kami untuk penghargaannya dan jadinya kami makin gugup, hahaha! Tapi akhirnya kami menang, dan itu rasanya senang banget.

Apa arti dari pencapaian ini?

Freya: Pertama, semua kredit diberikan ke tim. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan campaign ini, dan sampai sering kerja malam untuk mewujudkannya. Tapi saya rasa hadiah terbesarnya adalah melihat kerja keras kami terbayar.

Vivek: Dan saat kami ke Majra (Miroslav Hlavac, Chief Marketing Strategy Officer) untuk meminta budget tambahan, ia percaya dan memberikan dukungannya. Dia memberi kami kepercayaan dan kebebasan untuk melakukan campaign sesuai dengan visi kami.

Ada ucapan terakhir buat tutup cerita kali ini?

Freya: Ini baru langkah pertama dalam membangun brand kita. Saya sangat bangga bisa membuat localized content seperti ini. Nggak semua perusahaan bisa melakukan hal ini.

Vivek: Tahun depan akan lebih menantang. Kami harus mencapai benchmark yang lebih tinggi dan membuat ide yang lebih baik dari yang sebelumnya. Tapi saya yakin kami bisa melakukannya.

Terima kasih Freya, Vivek, dan seluruh tim Marketing Strategy atas kerja kerasnya dalam mensukseskan #JadiBerarti dan memenangkan penghargaan ini!








Karyawan Kami






Berita