Tahukah kamu kalau ada Business Analyst kita yang sudah melanglang buana hingga ke Republik Ceko? Yuk kenalan dengan Kusumoherwanto Pungky Mahesa di sini!

Apa itu Careerpreneur?

Dalam bekerja, tentu kita ingin terus mengembangkan diri kita. Careerpreneurs adalah sebutan bagi teman-teman yang bisa mengelola pekerjaannya seperti bisnis sendiri dan terus mencari kesempatan untuk berkembang.

Contoh sosok Careerpreneur di Home Credit yaitu Kusumoherwanto Pungky Mahesa. Passion-nya di bidang IT dan kemampuan komunikasi bisnisnya yang baik mengantarkannya dari Indonesia hingga menjadi Business Analyst di Republik Ceko.

Boleh cerita sedikit tentang perjalanan karirmu?

Saya cukup lama berkarir di bidang keuangan, mulai dari perbankan, pembiayaan, hingga asuransi. Saya bergabung dengan Home Credit Indonesia di bulan Februari 2014 sebagai Loxon Business Analyst. 

Apa yang membuatmu tertarik bergabung dengan Home Credit?

Saat itu saya belum familiar dengan Home Credit. Saya kemudian melakukan riset dan akhirnya saya tertarik setelah tahu perusahaan ini bernaung di bawah PPF Group dan merupakan perusahaan start-up berskala internasional. 

Boleh cerita tentang pekerjaanmu?

Passion saya memang sebagai Business Analyst, yang berperan sebagai pintu gerbang antara user dengan Developer. Pada saat bergabung dengan Home Credit, sebagai Loxon Business Analyst, saya bertanggungjawab untuk mempelajari proses collection dan implementasi sistem Loxon. 

Pada bulan Maret 2014, saya ditugaskan ke Vietnam untuk mempelajari sistem Loxon. Sepulang dari sana saya membuat business requirement untuk dikirim ke EmbedIT dan pemilik sistem aplikasi Loxon di Hungaria.

Pada bulan Agustus 2014, saya ditugaskan ke EmbedIT di Republik Ceko untuk mempelajari lebih lanjut mengenai beberapa sistem aplikasi yang digunakan di Home Credit (Loxon, HoSel, dan Genesys).

Karena adanya intensitas komunikasi dengan EmbedIT, akhirnya saya direkrut menjadi bagian dari EmbedIT di Republik Ceko sebagai Business Consultant untuk Home Credit Indonesia pada bulan April 2016.

Waktu pertama bergabung dengan EmbedIT, saya juga sempat membantu implementasi Loxon di India dan Filipina. Sekarang aktivitas saya lebih terfokus pada analisis sistem aplikasi yang digunakan di beberapa Fuction di Indonesia dan membantu analisa sistem aplikasi secara parsial di Filipina.

Apa yang membuatmu beda?

Saya selalu menjadi diri sendiri dan tidak pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dengan itu saya bisa fokus dengan apa yang dikerjakan dan memberikan hasil terbaik.

Apa momen paling menantang dalam perjalanan karirmu dan bagaimana caramu menghadapinya?

Membuat skenario untuk testing sistem aplikasi Loxon, karena saat itu kita hanya meraba-raba sistem baru ini. Untuk menghadapi tantangan ini yang saya lakukan tentunya menggali informasi sebanyak-banyaknya.

Value Home Credit mana yang paling sering kamu implementasikan?
Focused on Results.
Sebagai orang IT, menjadi kepuasan ketika saya bisa melihat hasil nyata suatu produk yang diimplementasikan oleh user.
Fair.
Nilai ini penting dan mempunyai tantangannya sendiri. Bagi saya bisnis yang sustainable adalah ketika kita bisa mengimplementasikan nilai tersebut.
Apa itu ‘work-life balance’ menurutmu?

Istilah ‘work-life balance’ bagi saya adalah bagaimana kita bisa menyeimbangkan pikiran antara pekerjaan dan relaksasi. Penting untuk bisa memberikan waktu untuk relaksasi karena dengan pikiran yang rileks kita bisa lebih produktif nantinya.

Tipsnya sih works smart instead of work hard!

Apa prestasi terbesar di perjalanan karirmu?

Saya bisa membantu implementasi sistem dan membuat modul sistem aplikasi di beberapa negara dimana kita berada

Apa yang kamu suka dari bekerja di sini?

Lingkungan multikultur sangat nyata terasa.

Apa filosofi hidupmu?

Jadikan umpan balik orang lain sebagai patokan untuk senantiasa memperbaiki diri. Be Yourself! Jangan mencoba jadi orang lain dan seperti slogan kita, dalam melakukan apapun “Yakinlah Anda Bisa!”

“Pungky adalah sosok yang fasih dengan hal teknis dan mengerti kebutuhan bisnis. Ia mempelajari sistem Loxon dan ASTAH seorang diri, sambil secara independen berkomunikasi dengan Developer EmbedIT, Loxon, dan HQ. Pungky juga profesional dan sigap membantu. Prestasinya ini tidak terlepas dari kemampuannya yang terus bertambah dan juga pola pikirnya yang ‘Focused on Results’”

Petr Elsner, (CRS Analytics & Strategy Manager)








Karyawan Kami






Berita