Ikuti tips-tips Fun Talk #AyoMajuBersama agar tetap produktif di masa pandemi!

Pasti banyak dari kamu yang ritme kerjanya berubah selama pandemi. Memang sejak awal pemerintah sudah menghimbau kalau kerja dari rumah adalah pola yang paling ideal. Ternyata, bekerja di rumah selama pandemi memang nggak mudah.

Buat kamu yang harus kerja dari rumah, mungkin awal-awal kamu bisa menikmatinya. Tapi setelah dicoba-coba, ternyata nggak selalu seenak itu ya? Pasti ada saja yang buat kita terdistraksi dari pekerjaan, mulai dari kasur yang udah memanggil, godaan menonton TV, mengurus anak, dan sebagainya. Jadinya susah buat konsentrasi dan produktif.

Ditambah itu, rasa was-was, panik, dan nggak tenang karena takut terpapar COVID-19 pastinya bikin kamu susah konsentrasi juga. Intinya, sekarang ini tantangannya besar.

Kamu harus punya cara agar bisa konsentrasi dan produktif selama pandemi ini. Kalau bingung harus ngapain, coba saja tips dari Praktisi Mindfulness Adjie Santosoputro, biar kamu tetap produktif selama masa pandemi. Melalui Fun Talk #AyoMajuBersama kita pada Rabu, 19 Agustus lalu, Adjie beberkan tiga tips yang bisa kamu lakukan. Yuk intip tipsnya!

1. Menjaga Niat

Semua harus diawali dengan niat. Memang masa pandemi ini banyak cobaannya. Kadang kamu sudah niat mau melakukan A, B, dan C hari ini, tapi gara-gara lihat berita di TV soal COVID-19, itu membuat kamu kepikiran dan jadinya kamu susah konsentrasi. Atau mungkin, ketika kamu mau melakukan A, tiba-tiba kamu dapat info kalau ada pekerjaan D yang harus didahulukan, dan itu buat kamu panik. Kalau sudah begitu, coba kamu pejamkan mata dan sadari napas, kemudian coba kamu beri afirmasi positif kepada pikiran kamu kalau semuanya akan baik-baik saja.

Kalau kamu sudah merasa tenang, kamu bisa kembali mengingat niat dan tujuan kamu. Jangan sampai perasaan nggak tenang dan pikiran-pikiran yang belum tentu bakal terjadi merusak niat kamu buat menjadi lebih produktif. Memang sulit, tapi bukan berarti kamu nggak bisa melakukan segala hal dengan maksimal. Kalau sudah ada yang namanya niat, tantangan sesulit apapun pasti terselesaikan dengan baik.

2. Membuat Skala Prioritas

Setelah niat, hal yang kamu bisa lakukan selanjutnya adalah membuat skala prioritas. Untuk menjaga produktivitas, menulis atau menyusun skala prioritas di pagi hari sangat bermanfaat, lho. Kamu bisa menyusun hal apa saja yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, dan setelahnya.

Kalau misalnya kamu bingung untuk menentukan mana yang perlu diprioritaskan dahulu, kamu bisa mendahulukan melakukan pekerjaan yang kamu anggap penting dan mendesak. Atau mungkin, kamu juga bisa mengurutkannya dari termudah dahulu, baru kemudian yang lebih sulit. Dengan membuat skala prioritas, selain memudahkan kamu dalam melakukan pekerjaan, kamu akan lebih semangat dan juga bisa bekerja dengan lebih efektif.

3. Coba Hindari Multitasking

Ternyata multi-tasking itu nggak selamanya baik. Multi-tasking membuat kita jadi nggak produktif. Misalnya, ada lima hal yang harus kita kerjakan dalam sehari. Kalau semuanya kita lakukan secara bersamaan, yang sering terjadi malah ada satu atau lebih, task yang akhirnya nggak terselesaikan. Jadi, ada baiknya kalau kamu belajar untuk single tasking, kerjakan satu-satu berdasarkan skala prioritas.

Melakukan pekerjaan berdasarkan skala prioritas yang sudah kamu buat akan membantu kamu untuk lebih fokus dan konsentrasi dalam melakukan pekerjaan. Coba deh!

Gimana setelah baca tips di atas? Sudah nggak sabar untuk langsung dicoba? Yuk, #AyoMajuBersama dengan mengawali hari dengan niat dan jalani hari dengan hati senang dan tenang. Dijamin kamu akan lebih produktif.








Acara






Kami Peduli